kumpulan gambar bergerak

8 CARA MENINGKATKAN DAYA INGAT DENGAN ASUPAN MAKANAN YANG TEPAT

 Assalaamu’alaikum.. Rekan-rekan semua..

Otak merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi manusia. Otak bisa dikatakan sebagai mesin dalam diri manusia. Semua aktivitas yang kita lakukan semuanya bersumber pada otak. Termasuk juga kemampuan dalam mengingat sesuatu. Kemampuan ini sangat bergantung pada kerja otak. Daya ingat otak kita sebenarnya sangat baik sekali hanya kita saja yang harus terus menjaganya. Selain itu, daya ingat otak juga bisa ditingkat dengan berbagai cara, dari mulai aktivitas yang sehat, hidup yang sehat dan juga sosialisasi yang sehat. Cara meningkatkan daya ingat dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang baik untuk otak. Nah, pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang hal tersebut.




Banyak orang yang ingin meningkatkan daya ingatnya agar lebih produktif dalam segala hal, terutama bagi pelajar. Banyak orang tua yang memberikan berbagai vitamin untuk anaknya agar daya ingat anak meningkat dan berhasil dalam studinya. Sebenarnya kemampuan daya ingat bisa ditingkatkan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik dan juga konsumsi makanan yang sehat. Ada banyak makanan yang dapat meningkatkan daya ingat otak. Jika dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen, lebih baik dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa meningkatkan daya ingat. Peningkatan daya ingat otak dengan menggunakan makanan sehat lebih aman tanpa bahan kimia tambahan seperti pengawet.

DAFTAR MAKANAN SEHAT UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT
Salah satu cara meningkatkan daya ingat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak omega tiga dan juga mineral yang baik untuk otak. Berikut akan diberikan beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan untuk meningkatkan daya ingat.
1.       Sayuran Hijau
Sayuran hijau merupakan salah satu makanan yang bisa meningkatkan daya ingat otak. Dalam sayuran ini terdapat banyak vitamin dan juga mineral yang baik untuk kerja otak. Bayam, seledri, dan sayuran hijau lainnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari agar daya ingat otak tetap kuat.

2.       Ikan
Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung banyak vitamin B dan juga omega 3 yang baik untuk otak. Ikan yang baik untuk kesehatan otak misalnya ikan haring, ikan salmon, dan berbagai ikan laut lainnya.

3.       Teh Hijau
Cara meningkatkan daya ingat juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi teh hijau rutin setiap hari. Kandungan antioksidan dalam teh hijau bisa membantu menjaga kesehatan otak sehingga daya ingat otak akan tetap terjaga dengan baik.

4.       Gandum
Gandum merupakan salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin B12 dan juga berbagai vitamin serta mineral yang baik untuk otak. Mengganti sarapan nasi dengan gandum bisa meningkatkan daya ingat otak Anda.

5.       Susu
Daya ingat otak juga bisa ditingkatkan dengan minum susu rutin setiap pagi dan malam hari. Mineral dan juga kalsium dalam susu baik untuk kesehatan otak.

6.       Brokoli
Salah satu sayuran yang bisa meningkatkan daya ingat yaitu brokoli. Meningkatkan daya ingat dengan menggunakan brokoli ini sangat ampuh terlebih untuk remaja dan anak-anak. Maka mengkonsumsi brokoli sangat di anjurkan agar ingatan anda menjadi tajam dan lebih baik.

7.       Kacang-kacangan
Dalam kacang-kacangan mengandung vitamin E yang bisa membantu meningkatkan kemampuan daya ingat otak dan juga bisa mencegah penyakit jantung. Maka dari itu konsumsilah kacang-kacangan agar kemampuan mengingat anda terjaga.

8.       Coklat
Berdasarkan penelitian coklat mengandung zat yang bisa meningkatkan daya ingat dan juga bisa membantu meningkatkan mood. Konsumsi cokelat secara rutin dengan porsi yang sesuai akan memberikan manfaat untuk anda.
Selain dengan menggunakan makanan yang sudah disebutkan diatas, cara meningkatkan daya ingat juga bisa dengan memperbanyak olah raga dan juga bersosialisasi dengan banyak orang. Semakin kita sering bersosialisasi daya ingat kita akan semakin meningkat. Selain dengan bersosialisasi, cara meningkatkan daya ingat otak juga bisa dengan permainan. Tentunya permainan yang bisa mengasah otak, misalnya saja sodoku, teka-teki silang ataupun permainan lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan atau daya ingat otak.
Semoga bermanfaat.

Sumber : Wikipedia



EmoticonEmoticon