kumpulan gambar bergerak

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Sakit kepala atau chepalalgia merupakan suatu kondisi di mana otak merasakan nyeri dan sakit yang sangat hebat. Saat sakit kepala berlangsung bagian yang akan mengalami rasa nyeri dan sakit adalah punggung bagian atas ataupun pada bagian di belakang leher. Sedangkan kepala yang akan merasakan sakit adalah kepala bagian kiri ataupun kanan. Hal ini biasa disebut dengan migrain.



Pada umumnya ada beberapa penyebab sakit kepala selain karena kondisi kesehatan yang menurun, masalah dalam kehidupan pun dapat menyebabkan sakit kepala. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa penyebab dan cara mengobati sakit kepala secara alami.
Penyebab sakit kepala berkepanjangan
o    Aroma parfum yang menyengat
o    Kurang tidur
o    Stress
o    Adanya luka pada kepala
o    Telat makan
o    Latihan fisik yang berlebihan
o    Adanya infeksi pada mata, hidung, telinga dan kerongkongan
o    Terlalu banyak menghirup asap rokok
Nah itulah beberapa penyebab sakit kepala yang biasa terjadi pada setiap orang. Lantas bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya!
Cara mengobati sakit kepala secara alami
o    Tidur secara teratur
Cara yang pertama adalah dengan beristirahat atau tidur secara teratur. Istirahat yang Anda lakukan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengobati sakit kepala. Tak hanya itu saja, tidur juga telah terbukti dapat mengatasi stres dan rasa cemas yang berlebih yang merupakan penyebab dari sakit kepala. Olah karena itu, mulailah untuk tidur teratur maksimal 7 hingga 8 jam dalam setiap harinya.

o    Minum air putih
Cara yang kedua adalah dengan minum air putih secara teratur. Seperti halnya kurang tidur, akibat kurang air putih dapat menyebabkan dehidrasi yang merupakan salah satu penyebab sakit kepala. Perlu Anda ketahui air adalah asupan dan komponen utama dalam tubuh. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mencukupi asupan mineral per hari. Dalam sehari, tubuh membutuhkan air putih yaitu 8 gelas atau setara dengan 2 liter.

o    Menggunakan minyak kayu putih
Selanjutnya adalah menggunakan minyak kayu putih. Udara segar dan fresh yang dihasilkan pada minyak kayu putih dapat membuat pernapasan menjadi rileks. Sehingga hal ini akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan tidak terlalu tegang. Caranya pun sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan juga samping.

o    Minum teh
Teh sangat nikmat jika dikonsumsi saat sedang bersantai. Akan tetapi tak hanya itu saja teh yang Anda konsumsi juga dapat meredakan sakit kepala. Saat membuat teh seduh pastikan Anda menambahkan madu ke dalamnya. Madu yang Anda gunakan bermanfaat untuk memperlancar pembuluh darah yang menuju ke kepala.
Semoga bermanfaat.

Sumber  : disehat.com


EmoticonEmoticon