Penyebab Penyakit Stroke dan Cara Pencegahannya

Assalaamu’alaikum… Rekan-rekan semua…
Penting sekali bagi Anda mengetahui sejak dini mengenai penyebab penyakit stroke. Penyakit stroke adalah penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan reaksi pada jaringan otak akibat adanya penyumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah pada otak sehingga membuat pasokan darah dan oksigen yang menuju otak menjadi berkurang dan menimbulkan kerusakan atau matinya sel saraf pada otak. Sekarang ini jumlah penderita stroke di Indonesaia semakin meningkat, dan stroke juga merupakan penyakit yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kelumpuhan bagian tubuh hingga kematian.
Adapun jika penderita dapat diselamatkan biasanya akan mengalami gangguan kelumpuhan di sebelah anggota badannya, hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan untuk berbicara. Stroke itu sendiri memiliki dua jenis di antaranya stroke iskemik dan stroke hemorragik. Untuk stroke iskemik ini terjadi ketika darah yang akan menuju ke otak terhenti yang disebabkan karena menumpukan kolestreol pada dinding pembuluh darah. Sedangkan stroke hemorragik adalah pembuluh darah yang pecah sehingga menyebabkan aliran darah yang menjadi tidak normal dan membuat darah merembes pada daerah bagian otak.



Penyebab Penyakit Stroke yang Perlu Diwaspadai
Penyakit stroke dapat disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya faktor resiko perilaku dan resiko medis. Faktor resiko medis yang dapat memperparah kondisi penyakit stroke adalah penyakit hipertensi, kolesterol, arteriosklerosis, gangguan jantung, faktor keturunan dan migren. Namun untuk faktor yang paling beresiko menyebabkan penyakit stroke adalah hipertensi dan arteriosklerosis.
Faktor resiko perilaku juga dapat menyebabkan penyakit stroke yang disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, minum alkohol dan senang mengonsumsi makanan cepat saji. Selain itu faktor resiko perilaku juga bisa dipengaruhi karena kurangnya gerak atau olahraga dan suasana hati yang sering merasa tidak nyaman.
Pencegahan Penyakit Stoke
Penyakit stroke memang identik dengan penyakit orang tua, tapi tidak menutup kemungkinan penyakit stroke juga bisa menyerang bagi siapa saja dan tanpa mengenal usia sekalipun. Hal ini dikarenakan faktor resiko perilaku yang semakin tidak terkendali. Namun penyakit stroke tetap dapat Anda cegah adapun caranya adalah berikut ini.
o  Selalu lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin, cara ini merupakan bagian vital untuk pencegahan penyekit stroke. Karena dengan selalu melakukan pemeriksaan tekanan darah kita menjadi tahu langkah apa yang harus dilakukan. Jika tekanan darah yang tinggi maka kita harus melakukan usaha untuk menurunkan dan begitupun sebaliknya.
o  Berhenti merokok, menurut sebuah penelitian 33 persen merokok dapat menyebabkan resiko terkena stroke. Maka dari itu bagi Anda yang saat ini perokok aktif, sebaiknya mulailah menghilangkan kebiasaan tersebut untuk menjaga kondisi kesehatan Anda.
o    Melakukan olahraga, cara ini dapat mencegah terjadinya obesitas. Karena memiliki badan yang ideal dapat menurunkan resiko terkena penyakit stroke.
o    Makan sehat, menjalani pola makan sehat merupakan bagian yang sangat penting untuk mencegah terjadinya resiko penyakit stroke. Konsumsilah banyak buah, sayuran, ikan, susu rendah lemak, dan serta hindari makanan yang mengandung lemak, terlalu manis, daging olahan dan lainnya.
Setelah mengetahui penyebab penyakit stroke dan pencegahannya, berikut adalah beberapa  faktor resiko penyumbatan pembuluh darah akibat stroke.
Faktor  Resiko Penyumbatan Pembuluh Darah Akibat Stroke
1.    Masalah Kolesterol
Yang pertama adalah karena kolesterol. Kolesterol tinggi merupakan pemicu utama seseorang terserang penyakit stroke. Umumnya ada beberapa cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, seperti mengonsumsi buah dan sayur, minum air putih dan hindari mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Dan rutinlah mengecek kadar kolesterol minimal lima tahun sekali.

2.    Tekanan darah tinggi atau hipertensi
Hipertensi yang tidak diatasi dengan baik juga sangat buruk bagi kesehatan tubuh. menjauhi rokok, mempertahankan pola hidup sehat, rutin olahraga serta menjauhi makanan kaya lemak jenuh sangat efektif untuk mencegah penyakit ini. Pastikan Anda menanyakan kepada dokter Anda mengenai efek samping dari obat yang akan dikonsumsi, serta minum obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

3.    Kurangi alcohol
Tahukah Anda bahwa narkotika dapat meningkatkan risiko stroke. Oleh karena itu sebaiknya Anda menghindari narkotika tak terkecuali dengan alkohol. Jika sudah kecanduan, Anda bisa menguranginya sedikit demi sedikit tidak lebih dari dua takaran dalam sehari.

4.    Kurang aktivitas fisik
Tak hanya stroke saja, kurang berolahraga juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya lainnya, seperti diabestes, jantung dan lainnya. Berolahragalah minimal 30 menit sehari. Jika pergi ke kantor, Anda bisa menggunakan tangga dibandingkan naik lift dan perbanyak aktivitas fisik dalam ruangan.

5.    Rokok
Apa Anda seorang perokok? Jika iya, sebaiknya Anda berhenti melakukan kebiasaan buruk ini. Rokok juga merupakan faktor yang menyebabkan seseorang mengalami stroke. Meksipun sulit diatasi, tak ada salahnya untuk mencoba berhenti merokok mulai dari sekarang. Karena tak hanya dapat menurunkan resiko terkena stroke, berhenti merokok juga dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker.

Itulah penjelasan mengenai penyebab penyakit stroke dan cara pencegahannya.
Semoga bermanfaat.


Sumber    :  disehat.com


EmoticonEmoticon