kumpulan gambar bergerak

Seperti Apa Soal UN 2016?

Ilustrasi: suasana ujian nasional. (Foto: dok. Okezone)

Assalaamu'alaikum... Rekan-rekan semua...
Seperti apa soal UN 2016?  Dua pekan menjelang Ujian Nasional (UN), siswa kelas XII SMA/sederajat pasti kian giat mempersiapkan diri. Tidak hanya tekun belajar di sekolah, tetapi juga menambah jam belajar di rumah.
Persiapan yang matang memang menjadi kunci sukses menjalani ujian. Selain itu, perlu disiapkan juga strategi yang tepat dalam mengerjakan UN, misalnya dengan memerhatikan kisi-kisi soal ujian yang disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).
Dikutip dari Buku Saku UN 2016, Sabtu (19/3/2016), kisi-kisi UN 2015/2016 disusun berdasarkan pada kriteria kompetensi lulusan, standar isi, serta kurikulum yang bisa berlaku di lingkup materi yang sama. Selain itu, kisi-kisi juga berupa cakupan materi serta level kognitif bagi setiap mata pelajaran, jenjang serta jenis pendidikan.
Kisi-kisi tersebut juga telah dikembangkan oleh pakar materi dari berbagai perguruan tinggi serta guru yang berpengalaman. Tim penyusun soal ini berada di bawah koordinasi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan Puspendik.
Nah, para peserta UN nantinya akan mengerjakan ujian sesuai kurikulum yang mereka pakai di sekolah, baik itu KTSP 2006 maupun kurikulum 2006. Hal ini sudah diatur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 dan Permendikbud Nomor 64 Tahun 2013.
Soal-soal UN sendiri akan mengujikan irisan materi dari kedua kurikulum tersebut. Jadi, jangan khawatir, meski temanmu berbeda kurikulum, tingkat kesulitan soal UN akan setara.
Misalnya begini, pada pelajaran Fisika terdapat 90 persen kesamaan materi dalam Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013, sementara 10 persen materi berbeda. Materi yang akan diujikan dalam UN adalah yang 90 persen memiliki kesamaan tadi. Sedangkan 10 persen-nya akan diujikan dalam ujian satuan pendidikan atau ujian sekolah. Prinsip ini berlaku untuk semua mata pelajaran.
Kisi-kisi lengkap untuk UN 2016 bisa diunduh di laman UN Kemdikbud.
Sumber  :  http://news.okezone.com/


EmoticonEmoticon